Halaman Muka | Kontak Kami
   


Sertifikasi & Re-Sertifikasi CFP
Sertifikasi & Re-Sertifikasi RFP
Certificate of Proficiency










Telepon
(021) 2283 6026 / 2283 6024
Fax
(021) 2283 6024
Email
fpsbindonesia@gmail.com
Pin BB
2BBC0F77
Whatsapp
+62816735926
Email
info@fpsbindonesia.net / fpsbindonesia@gmail.com
Pedoman Sertifikasi dan Re-Sertifikasi LSP FPSB Indonesia

Tujuan dan Ruang lingkup

Tujuan dari setiap program sertifikasi dan re-sertifikasi LSP FPSB Indonesia adalah memastikan pada publik bahwa seseorang profesi perencanaan keuangan di Indonesia yang telah disertifikasi oleh LSP FPSB Indonesia mempunyai tingkat pengetahuan dan keahlian untuk melaksanakan suatu fungsi atau disiplin ilmu di bidang Perencanaan Keuangan di Indonesia.

Program sertifikasi dari LSP FPSB Indonesia bertujuan memastikan kepada anggota masyarakat yang menggunakan jasa-jasa seorang profesi perencanaan keuangan yang telah disertifikasi oleh LSP FPSB Indonesia bahwa profesi perencanaan keuangan tersebut telah memenuhi standar kompetensi, standar etika dan standar praktik yang layak dalam memberikan jasa perencanaan keuangan yang khusus, dalam satu atau beberapa area saja dalam suatu kapasitas yang mandiri (unsupervised) dan mereka telah setuju tunduk pada prinsip-prinsip integritas, obyektifitas, kompetensi, keadilan, kerahasiaan, profesionalisme dan ketekunan ketika berhadapan dengan klien.

LSP FPSB Indonesia tidak menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan perencanaan keuangan sebagai persyaratan sertifikasi CFP dan RFP. LSP FPSB Indonesia bekerjasama dengan lembaga pendidikan baik universitas maupun non universitas untuk melakukan pendidikan,pelatihan dan program CPD

Uji Profisiensi LSP FPSB Indonesia mengacu pada standar FPSB Ltd. Uji Proficiency LSP FPSB Indonesia adalah uji keberterimaan kompetensi yang dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap tingkat pendidikan dan pelatihan tertentu tentang pengetahuan di bidang perencanaan keuangan (education); ujian yang menguji kemampuan calon dalam menerapkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan dalam situasi perencanaan keuangan sesungguhnya (examination); pengalaman kerja yang relevan (experience); komitmen pada kode etik profesional termasuk kerelaan untuk dilakukan pengecekan latar belakang dan memberikan referensi, sebelum melakukan sertifikasi (ethic); dan komitmen untuk menjalankan persyaratan pembaruan sertifikasi yang ketat

Skema sertifikasi LSP FPSB Indonesia mengacu pada skema sertifikasi FPSB Ltd yang mengacu pada: standar kompetensi, standar etika dan standar praktik profesional yang dijadikan landasan dasar oleh LSP FPSB Indonesia untuk melaksanakan program sertifikasi di Indonesia dan didasarkan atas analisa pekerjaan, tugas dan analisa kompetensi yang sistematis yang diperlukan bagi kompetensi praktik perencanaan keuangan pribadi.

Berdasarkan skema sertifikasi untuk bidang kerencanaan keuangan di Indonesia, LSP FPSB Indonesia mengeluarkan 2 (dua) designasi yaitu CFP dan RFP dan 4 (empat) Sertifikat Profisiensi BNSP:

A. Financial Planning Standards Board (FPSB Ltd)
1. Certified Financial Planner® (CFP®)
2. Registered Financial Planner® (RFP®)

B. Badan Nasional Sertifikasi Profesi Indonesia (BNSP) yaitu lembaga sertifikasi yang dibentuk pemerintah Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 13 tentang Ketenagakerjaan.
1. Certificate of Proficiency dalam bidang Perencanaan Keuangan